Home / Resep Minuman / Cara Membuat Yoghurt Sehat Dan Praktis
13 November, 2017

Cara Membuat Yoghurt Sehat Dan Praktis

Posted in : Resep Minuman on by : admin

Cara Membuat Yoghurt – Yoghurt merupakan susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Bakteri yang digunakan adalah bakteri baik untuk tubuh bukan bakteri jahat. Bakteri yang baik adalah bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus.
Fermentasi laktosa (gula susu) menciptakan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan aroma khas dan tekstur kental pada Yoghurt. Yoghurt dapat diolah menjadi macam-macam jenis susu termasuk susu kedelai meskipun produksi terbanyak saat itu adalah susu sapi. 
Bagi mereka yang alergi susu atau tidak suka baunya usu tidak perlu cemas saat menikmati Yoghurt karena tetap dapat mengkonsumsi Yoghurt tanpa alergi ataupun bau susu yang tajam. Meskipun Yogurt terbuat dari susu namun rasanya sangat berbeda dari susu.
Yoghurt juga dapat dibuat dalam berbagai rasa atau dibuat menjadi kreasi lain seperti jus yoghurt buah, es krim yoghurt hingga kue lapis yoghurt. Selain itu Yoghurt dapat memberikan kebaikan untuk tubuh kita yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan kita dalam proses metabolisme tubuh. 
Yoghurt aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua. Yoghurt juga dapat dikreasikan menjadi berbagai pelengkap di makanan ataupun minuman. Selain itu Yoghurt sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu diet anda selain salad, dll. 
Penasaran bagaimana Cara Membuat Yoghurt yang baik dan benar, kami akan memerikan resep rahasianya untuk anda. cara Membuat Yoghurt sangat mudah dan bahannya juga sangat simpel. Yoghurt terbuat dari bahan dasar susu murni dan dilengkapi dengan bibit bakteri pilihan.
Berikut akan kami ulas Resep Yoghurt lengkap dengan tips-tipsnya hanya di masakanresep-indonesia.blogspot.com. Pastikan anda sudah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Simak baik-baik bagaimana Cara Membuat Yoghurt lezat dan sehat berikut ini.
Cara Membuat Yoghurt
Cara Membuat Yoghurt

Bahan Yoghurt :

    1. Siapkan 1 liter susu murni. Boleh menggunakan susu kemasan tapi lebih baik susu murni.
    2. Bibit yoghurt sebanyak 5% dari banyaknya susu murni. Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 mL atau 2 sdm bibit yoghurt. Bisa dibeli di supermarket.

      Cara Membuat Yoghurt :

        1. Panaskan susu murni di atas api kecil sambil terus diaduk selama 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.
        2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan
        3. Masukan bibit yoghurt lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk steril. Bila kesulitan mencari alat pengaduk dapat menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah disiram menggunakan air panas sebagai proses sterilisasi alat.
        4. Apabila sudah selesai masukan ke wadah tertutup lalu tutupin dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap yang adalah syarat hidup bakteri fermentasi selama 20-24 jam.
        5. Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.
          Bila dirasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.
        6. Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya
        7. Bila sudah siap, bisa ditambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera. Selamat menikmati

          Tips Cara Membuat Yoghurt :

          1. Pastikan proses fermentasi yoghurt menggunakan wadah kedap udara. Wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi
          2. Saat membeli yoghurt plain, lihat dulu masa kadaluarsanya. Kalau sudah expired maka proses pembuatan yoghurt tidak akan berhasil
          3. Saat memasukan susu ke wadah, pastikan susu dalam keadaan hangat. Tidak panas dan tidak terlalu dingin
          4. Bibit yoghurt yang dimaksud adalah produk yoghurt seperti cimory, biokul, dst. Disebut bibit karena itulah yang akan menjadi biang penghasil yoghurt. Saat memilih bibit pilihlah bibit yang terdapat tulisan “Live Culture” pada kemasannya supaya bakteri fermentasi dapat berkembang. Live culture yang dimaksud pada umumnya adalah bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus 
          5. Pastikan perbandingan susu murni dan bibitnya tepat. Apabila nanti yoghurtnya terlampau kental, itu artinya terlalu banyak bibit. Bila terlalu encer berarti terlalu sedikit. 
          Mudah dan praktis kan, asal kita paham bagaimana tips dan triknya pasti kita bisa membuat Yoghurt dengan hasil yang sempurna. Demikian Resep dan Cara Membuat Yoghurt yang sederhana dan sehat serta tetap lezat. Simak juga resep kami sebelumnya yaitu  Resep Cake Coklat Lembut Enak Praktis yang wajib anda coba juga. Nantikan resep-resep kami lainnya, tetap setia bersama kami. Selamat mencoba
            sumber zona makan

            Tinggalkan Balasan

            Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *